Pelantikan Kader Muda Bela Negara SMK Giri Handayani Oleh Bp. H Sunaryanta (Bupati Gunungkidul)

Pelantikan Kader Muda Bela Negara SMK Giri Handayani Oleh Bp. H Sunaryanta (Bupati Gunungkidul)

RADAR JOGJA – SMK Giri Handayani merupakan sekolah kesehatan pertama di Provinsi DIJ yang mengadakan Pembinaan dan Pembentukan Kader Muda Bela Negara khususnya di tingkat SMK dan SMA. Tujuan dari pembentukan tersebut sebagai wujud penerapan Kurikulum Merdeka di lingkungan sekolah dan meningkatkan nasionalisme.

Kepala Sekolah SMK Giri Handayani Wonosari Dani Triatmajaya Santosa mengatakan, pembinaan dan pembentukan Kader Muda Bela Negara sangat diperlukan. Bela negara menjadi hal utama dalam membentuk karakter siswa-siswi supaya memiliki kepribadian yang tangguh dan bisa menjadi teladan untuk siswa-siswi lainnya.

“Sebanyak 58 siswa-siswi yang dilantik sebelumnya telah mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Bela Negara (FKBN) DIJ,” kata Dani kemarin (8/11).

Dia menjelaskan, peserta mendapatkan berbagai materi seperti tataran dasar bela negara, cegah tangkal radikalisme, pencegahan penggunaan napza di lingkungan sekolah, pemantapan nilai bela negara, tata cara upacara dan yang lain. Diharapkan pembinaan dan pembentukan Kader Muda Bela Negara menjadikan pelajar memiliki jiwa nasionalisme, patriotisme,berkarakter, berjiwa besar, memiliki mental kuat, bertanggung jawab dan disiplin serta memiliki motivasi belajar yang tinggi.

“SMK Giri Handayani merupakan sekolah kesehatan yang pertama kali mengadakan Pembinaan dan Pembentukan Kader Muda Bela Negara khususnya di tingkat SMK/SMA di Daerah Istimewa Jogjakarta,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan program bela negara.
Menurutnya, kegiatan seperti ini dalam rangka menumbuhkan kecintaan kepada bangsa. Menjadi momentum kuat, tentang bagaimana mencintai bangsa dan negara.

“Membela negara bukan berarti menjadi tentara, tetapi bagaimana menjadi baik di negara ini salah satunya dengan mengamalkan nilai-nilai pancasila,” kata Sunaryanta (Bupati Gunungkidul)

Sumber : Pertama Membentuk Kader Bela Negara • Radar Jogja (jawapos.com)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *