CARA UNTUK TETAP AMAN SELAMA PANDEMI

CARA UNTUK TETAP AMAN SELAMA PANDEMI

Bermula dari kota Wuhan di Cina, virus Corona baru atau SARS-CoV-2 kini telah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia. Jumlah korbannya pun tak main-main, kian hari kian banyak saja yang dinyatakan positif terpapar virus Corona. Bahkan, semakin banyak pula jumlah korban yang meninggal akibat penyakit ini.

Covid-19 merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pernapasan seseorang. Gejala umumnya meliputi demam tinggi, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Pada kasus yang parah, seseorang mungkin akan mengalami pneumonia, masalah pernapasan yang parah, diare, hingga kematian.

Virus Corona baru sangat menular, untuk itu pemerintah menyarankan agar tetap berada di rumah, demi menekan angka penularan virus mematikan ini. Selain tetap berada di rumah, ada beberapa hal lain yang juga harus di perhatikan untuk menjaga kesehatan selama masa-masa pandemi ini. Apa saja?

1. Jangan bepergian

Sabar dan tahanlah dulu keinginan untuk bepergian jika tidak terlalu penting, terlebih jika sedang sakit dan memiliki gejala seperti flu, batuk, demam, pilek atau bersin.

2. Hindari kerumunan

Menghindari kerumunan adalah salah satu cara terbaik untuk terbebas dari virus Corona. Bisa jadi satu atau bahkan lebih orang-orang dalam kerumunan tersebut, telah membawa serta virus Corona baru dalam tubuhnya. Bisa saja tanpa sadar tertular virus jika berada di tengah-tengah kerumunan itu.

3. Jaga jarak fisik dari orang lain

Imbauan physical distancing janganlah sampai dianggap hanya angin lalu. Berikan jarak dengan orang lain tiap kali berada di tempat-tempat umum, terlebih pada orang-orang yang terlihat memiliki gejala flu atau pilek. Batasi jarak kira-kira 0,5 m hingga 2 m dengan orang lain untuk mencegah penyebaran virus ke tubuh.

4. Jaga kebersihan tangan

Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer jika sedang berada di tempat-tempat yang sulit menemukan air. Biasakan diri untuk mencuci tangan dengan benar paling tidak selama 20 detik.

5. Perhatikan kebersihan lingkungan sekitar

Gunakan disinfektan untuk membersihkan barang- barang yang sering di pergunakan atau sering di pegang, seperti ponsel, komputer, laptop, dan alat tulis sekolah setiap hari.

6. Jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor

Tangan Anda mungkin saja telah membawa virus yang berbahaya dan mematikan, dan ketika tanpa sengaja menyentuh area mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor ini, maka akan sangat mudah tertular virus Corona. Cucilah tangan sesering mungkin, dan usahakan untuk tidak menyentuh area wajah.

7. Mandi dan ganti baju setelah beraktifitas di luar rumah 

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di luar rumah, bisa saja kita membawa virus. untuk itu setelah bepergian di luar rumah biasakan untuk mandi dan mencuci pakaian agar terhindar dari virus covid-19.

 

Sumber : https://www.beritasatu.com/claudia-ramadhani/kesehatan/621055/cara-untuk-tetap-aman-dan-sehat-selama-pandemi-corona

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *